Politik & Hukum

UKP 4 Tak Rekomendasikan 'Reshuffle'


Tomi Sujatmiko | Kamis, 3 Januari 2013 | 22:42 WIB | Dibaca: 297 | Komentar: 0

JAKARTA (KRjogja.com) - Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) menilai secara keseluruhan kinerja kabinet tahun 2012 lebih baik dibandingkan tahun 2011 sehingga tidak merekomendasikan reshuffle kabinet.

"Kami tidak memberikan rapor merah dan hanya memberikan evaluasi kepada presiden. Dari evaluasi itu UKP4 tidak merekomendasikan reshuffle kabinet, karena merupakan hak prerogatif Presiden," tegas Kepala UKP4, Kuntoro Mangkusubroto usai menyampaikan paparannya kepada pers, di kantornya, Jalan Veteran III, Jakarta, Kamis (3/1) siang.

Walau demikian Kuntoro Mangkusubroto mengakui, ada kinerja kementerian yang di bawah rata-rata. Namun demikian dirinya enggan mengungkapkan kementerian di bidang apa yang tidak maksimal tsb. "Memang ada (kementerian-red) yang di bawah rata-rata nasional. Saya tidak bisa mengungkapkan (bidangnya-red) ," kata Kuntoro.

Sebelumnya Kuntoro juga mengungkap kinerja kabinet sepanjang tahun 2012 lebih baik dari tahun 2011. UKP4 telah melaporkan hasil evaluasinya ke Presiden SBY. "Kinerja kabinet tahun ini (2012-red) lebih baik dari tahun lalu (2011-red)," jelas Kuntoro.

Menurut Kuntoro, yang dijadikan patokan penilaian oleh UKP4 adalah rata-rata kinerja nasional tahunan. Tahun 2012 kemarin, rata-rata kinerjanya lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. "Rata-rata kinerja nasional tahun ini lebih baik dari sebelumnya," bebernya. (Mgn/Ful)