Banyumas

Kecelakaan Terjadi, Jalur Purwokerto-Yogyakarta Macet


Danar Widiyanto | Sabtu, 22 Desember 2012 | 13:11 WIB | Dibaca: 932 | Komentar: 0

Ilustrasi. Foto: Dok

BANYUMAS (KRjogja.com) - Arus kendaraan di jalur Purwokerto-Yogyakarta macet akibat tabrakan beruntun antara dua truk dan dua bus di ruas Banyumas-Buntu, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Sabtu (22/12).

Salah seorang saksi mata, Tarmizi mengatakan, kecelakaan di jalan menurun di kawasan perkebunan karet Krumpun ini terjadi sekitar pukul 09.00 WIB.

"Saat itu, sebuah truk tronton berpelat nomor L-9929-UY datang dari arah Buntu (selatan). Truk itu berjalan pelan karena membawa muatan mesin, tapi entah mesin apa," katanya.

Saat melintas di jalan yang menurun, truk tronton yang dikemudikan Sugiyanto warga Karangbinangun, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur ini, hendak menyalip Bus PO Langgeng berpelat nomor R-1446-BB jurusan Cilacap-Purwokerto yang dikemudikan Sobiran warga Desa Pekuncen, Kecamatan Kroya, Cilacap.

Dari arah Banyumas (utara) datang sebuah Bus PO Sinar Jaya berpelat nomor B-7016-FGA jurusan Wonosobo-Bandung yang dikemudikan Ohan warga Cikanyere, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Truk tronton tersebut menyenggol bagian belakang Bus PO Sinar Jaya, hingga akhirnya terguling dan meluncur ke bawah (arah Banyumas).

Ketika truk tronton itu meluncur ke bawah, dari arah Banyumas datang sebuah truk boks berpelat nomor B-8164-YH bermuatan roti Ramona, dan dikemudikan Erik warga Kalibogor, Kecamatan Purwokerto Barat, Banyumas.

"Namun naas, bagian kabin sopir truk Ramona itu tertimpa mesin yang diangkut truk tronton, sehingga sopirnya terjepit. Bahkan, oli dari mesin tersebut tercecer, sehingga jalanan menjadi licin," kata Tarmizi.

Menurut dia, sopir truk boks yang mengalami patah kaki kiri setelah dievakuasi dari kabin segera dibawa ke Rumah Sakit Siaga Medika Banyumas untuk mendapatkan pengobatan.

Akibat kecelakaan tersebut, arus kendaraan dari arah Yogyakarta menuju Purwokerto dan sebaliknya dialihkan melalui sejumlah ruas jalan alternatif maupun melalui ruas Sampang-Rawalo.

Sementara itu, kendaraan yang sudah terlanjur berada di sekitar lokasi kecelakaan harus menunggu hingga evakuasi truk naas itu selesai.

Tabrakan beruntun ini masih ditangani Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Banyumas.
(Ant/Ndw)




Sawan Manten