Kota Yogyakarta

Disdikpora Sayangkan Wacana Penghapusan RSBI


Ivan Aditya | Jumat, 30 November 2012 | 19:13 WIB | Dibaca: 501 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Kelanjutan program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) kini berada ditangan Mahkamah Konstitusi (MK) yang tengah melakukan tinjauan mendalam. Diluar perdebatan mengenai dicabut atau tidaknya kebijakan RSBI, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY menyayangkan jika program tersebut harus dihapus.

Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji menuturkan, berdasarkan hasil evaluasi yang sudah dilakukan, penyelenggaraan RSBI di DIY sebenarnya berjalan cukup bagus, yakni baik dari sisi kualitas maupun akses pendidikan bagi peserta didik. "Ya kita harapkan program ini bisa tetap jalan. Kan 'eman-eman'(sayang-red) kalau sampai harus berhenti. Karena kan sebenarnya sudah jalan dengan baik," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (30/11).

Sebelumnya, Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Mandikdasmen) kemendikbud RI, Suyanto mengatakan, bila nantinya MK memutuskan program itu dibubarkan, maka kemendikbud akan menetapkan kebijakan pengganti. Pasalnya, hal yang terpenting adalah terus mengembangkan program-program unggulan yang sudah dimiliki sekolah selama ini.

"Buat saya tidak masalah dibubarkan atau tidak karena yang namanya mendidik untuk pusat-pusat unggulan di sekolah harus tetap ada. Belum adanya keputusan dari MK sampai sekarang kan menunjukkan kalau keputusan akan penghapusan program RSBI tidak bisa dilakukan secara sembarangan," tandasnya. (Aie)