Pantura

BPBD Grobogan Siagakan Perahu Karet


Tomi Sujatmiko | Selasa, 13 November 2012 | 12:57 WIB | Dibaca: 361 | Komentar: 0

Perahu karet yang disiapkan BPBD Grobogan (Foto: M Taslim Hadi)

GROBOGAN (KRjogja.com) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan menyiapkan perahu karet untuk mengantisipasi bencana banjir di musim penghujan.

"Kami juga telah menyiapkan logistik makanan, tenda darurat, dan perlengkapan lainnya. Khusus untuk karung plastik sebagai antisipasi tanggul jebol, kami memang tidak bisa mengadakan sendiri, karena penanganan tersebut merupakan wewenang Balai PSDA dan Dinas Pengairan,” kata Kepala BPBD Grobogan, Ir Agus Sulaksono, Selasa (13/11).
 
Menurut Agus BPBD sudah melakukan pemetaan daerah rawan bencana banjir seperti di Kecamatan Gubug, Godong, Tegowanu, Purwodadi, Brati, Grobogan, Tawangharjo, Toroh, Penawangan dan Geyer. Selain itu sejumlah tanggul sungai seperti di Sungai Tuntang Kecamatan Gubug, Glugu dan Lusi di Kecamatan Purwodadi, Jragung di Kecamatan Tanggungharjo dan Tegowanu serta tanggul Sungai KB-1 di Kecamatan Tegowanu.

Agus menjelaskan masyarakat yang bertempat tinggal di daerah rawan banjir membentuk kelompok pengurangan risiko bencana (PRB). Tujuannya, agar masyarakat bisa  mengantisipasi dan melakukan tindakan yang diperlukan pasca bencana, sehingga angka risiko jatuhnya korban dan kerugian materiil dapat ditekan.

"Bencana banjir dan tanah longsor selalu mengancam warga yang bertempat tinggal dekat sungai. Oleh karena itu, kami menyarankan seiap desa yang wilayahnya merupakan daerah rawan bencana segera membentuk kelompok PRB yang nantinya langsung berkoordinasi dengan BPBD," pungkasnya. (Tas)