Solo

PENGHARGAAN DARI IGI

SMA MTA Bersertifikat Swaliba


Yon Haryono | Sabtu, 3 November 2012 | 23:12 WIB | Dibaca: 404 | Komentar: 0

ilustrasi/Foto: Dokumen

SOLO (KRjogja.com)- Sekolah Menengah Atas (SMA) MTA Solo, mendapat sertifikat sekolah berwawasan lingkungan dan bencana (Swaliba) dari Ikatan Geograf Indonesia (IGI).

Ini merupakan sekolah pertama di Kota Solo yang berani mengajukan diri mengembangkan model sekolah berbasis mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan.

Ketua Umum IGI Prof Dr Suratman Worosuprojo MSc berharap, SMA MTA mampu mencetak generasi muda yang tanggap dan tangguh terhadap penanganan bencana. Hal ini disamapaikan di sela-sela acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) IGI XV di The Sunan Hotel Solo, Sabtu.

Menurutnya, di Jawa Tengah dan DIY sebelumnya sudah ada tiga sekolah yang ditunjuk menjadi Swaliba yakni SMA Negeri  2 Klaten, SMA Negeri 1 Temanggung dan SMA Negeri  Banguntapan Bantul. Sekarang ditambah SMA MTA Solo yang mengajukan sebagai Swaliba.

Pengembangan sekolah berbasis mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan diharapkan mampu menguatkan kesadaran para siswa untuk lebih peka terhadap bencana.

Pengelolaan sekolah berbasis mitigasi bencana dan pengelolaan lingkungan dirancang untuk menumbuhkan pengetahuan, nilai, sikap, perilaku, wawasan, dan kepedulian terhadap lingkungan hidup kepada siswa.(Qom)