Solo

Pegawai Perpus dan Arsipda Bawakan Batik Khas Sukoharjo


Danar Widiyanto | Selasa, 2 Oktober 2012 | 15:47 WIB | Dibaca: 348 | Komentar: 0

Pegawai Kantor Perpus dan Arsipda Sukoharjo lenggak lenggok jadi peragawati. Foto: Wahyu Imam

SUKOHARJO (KRjogja.com) - Pegawai Kantor Perpusatakaan dan Arsip Daerah (Perpus dan Arsipda) Sukoharjo rayakan hari batik nasional, Selasa (2/10). Perayaan dilakukan dengan melakukan fashion show dadakan di halaman kantor. Aksi tersebut menjadi tontonan gratis bagi pengunjung termasuk masyarakat.

Aksi dimulai sekitar pukul 10.00 hingga 12.00 WIB diawali dengan kemunculan sejumlah pegawai Kantor Perpusatakaan dan Arsip Daerah Sukoharjo. Mereka yang biasanya rutin dengan menata serta mendokumentasikan arsip buku, kali ini tampil berbeda.

Dengan menggenakan pakaian batik mereka berlangak-lengok seperti peragawati berjalan dari dalam menuju keluar kantor. Tepat di pandapa kantor mereka kemudian memamerkan pakaian batik yang dikenakan. Tidak ketinggalan pula, para pegawai tersebut membawa serta kain batik sebagai pelengkap peragaan.

Di iringi musik para peragawati batik dadakan tersebut mampu memancing minat masyarakat untuk datang. Mereka yang rutin datang ke Kantor Perpusatakaan dan Arsip Daerah Sukoharjo tentunya kaget dengan aksi para pegawai. Meski demikian, masyarakat ikut memberikan dukungan atas peringatan hari batik nasional tersebut.

Salah seorang panitia, Antonius Bimo Wijanarko, menyatakan, ajang tersebut dalam rangka Hari Batik Nasional. "Fashion show sengaja digelar untuk memromosikan batik buatan Sukoharjo. Untuk itu semua peserta memamerkan kain batik khas Sukoharjo. Para peserta dibebaskan dalam berkreasi," ujarnya.

Karena bertugas di Kantor Perpus dan Arsipda, para peserta saat tampil dan berlenggak-lenggok di catwalk sambil membawa buku, wayang maupun kain batik.

Salah seorang pegawai Kantor Perpusatakaan dan Arsip Daerah Sukoharjo, Hana mengaku senang ajang tersebut digelar. "Saya bangga mengenakan batik Sukoharjo," ujar Hana.  (M-7)