Semarang

JELANG IDUL ADHA

Harga Hewan Kurban Melambung


Yon Haryono | Minggu, 30 September 2012 | 17:12 WIB | Dibaca: 392 | Komentar: 0

ilustrasi/Foto: Dokumen

SEMARANG (KRjogja.com)- Sejumlah pasar hewan di Jawa Tengah beberapa hari terakhir ini mulai dipadati penjual hewan kurban. Bahkan di sejumlah sudut kota seperti di Semarang, mulai muncul lapak-lapak kecil untuk pedagang hewan kurban, khususnya kambing.

Harga sapi potong mulai merangkak naik. Hingga Minggu (30/9) sudah tembus Rp 11 juta. Padahal sebelumnya hanya sekitar Rp 7,5 juta hingga Rp 8 juta.

Adanya musim kering yang berkepanjangan, menjadikan langkanya pakan ternak. Akibatnya pasar hewan dibenuhi petani yang menjual ternaknya.

Menurut Mas To salah satu blantik, banyak sapi dari Boyolali mulai ditawarkan. Tingginya harga sapi karena banyaknya permintaan hewan kurban yang satu ini.

" Wajar jika harga sapi sekarang sudah mencapai Rp 11 juta", tegasnya sembari membenarkan jika musim kurban tahun ini kebanyakan sapi putih masih menjadi primadona.

Sedang untuk harga kambing sudah mencapai Rp 1,5 juta. Ini masih tergantung besar kecilnya kambing. "Bahkan ada kambing yang harganya Rp 3 juta", ucapnya. (Bdi)