Sleman

Kemarau, Harga Kacang Hijau Murah


Agus Sigit | Sabtu, 22 September 2012 | 06:23 WIB | Dibaca: 1949 | Komentar: 0

Tauge siap dipanen dan dipasarkan. Foto : Sulistyanto

SLEMAN (KRjogja.com) - Tauge sudah banyak yang mengenal. Tauge pendek atau kecambah kacang hijau dengan akar pendek antara lain cocok untuk masakan soto. Sedangkan tauge panjang antara lain untuk campuran gado-gado, lotek, pecel dan rawon. Usaha membuat tauge termasuk usaha menjanjikan untung, seperti yang diterjuni Ny  Ngadirah asal Seyegan Sleman.

Dijelaskan,  setiap satu kilogram kacang hijau mentah bisa menjadi tiga kilogram tauge panjang dan 2,5 kilogram tauge pendek. Harga jual tauge panjang saat ini rata-rata Rp 6 ribu per kilonya dan tauge pendek, Rp 7 ribu per kilogram. Harga kulak kacang hijau mentah saat musim kemarau seperti sekarang antara Rp 8 ribu sampai Rp 10 ribu.

”Kalau musim penghujan biasa lebih mahal, karena tidak banyak yang panen harganya bisa menjadi Rp 15 ribu per kilogram. Apalagi kacang hijau asal Thailand bisa sampai Rp 20 ribu per kilogram,” paparnya. Adapun garis besar pembuatan tauge, yakni kacang hijau direndam air panas selama delapan jam. Lalu dibersihkan sampai airnya menjadi bening. Ditiriskan beberapa saat dan diperam dalam wadah berlubang kecil seperti keranjang bambu, sehingga air bisa keluar. Ditutup dengan daun-daun pisang.

Ditunggu dalam waktu dua hari sudah menjadi tauge pendek. Jika ditunggu sehari lagi akan menjadi tauge dengan akar lebih panjang atau tauge panjang. (Yan)