Kulonprogo

Tahun 2013 Pelabuhan Tanjung Adikarto Beroperasi


Ivan Aditya | Jumat, 21 September 2012 | 17:58 WIB | Dibaca: 1378 | Komentar: 0

WATES (KRjogja.com) - Pembuatan kolam pelabuhan ditargetkan selesai tahun 2012 sehingga tahun 2013 saat dibangun gedung perkantoran dan fasilitas lainnya dan akhir tahun Pelabuhan Tanjung Adikarto sudah bisa dioperasionalkan. Sementara itu terhadap investor yang akan masuk di pelabuhan, Pemkab Kulonprogo bersikap terbuka dan mempersilahkan.

Menurut Kadinas Kelautan dan Perikanan DIY, Ir Sudiyanto MM, dalam tahun ini rencana pembangunan pelabuhan diantaranya membangun pagar keliling pelabuhan sepanjang 1.100 meter, pengerukan kolam kapal seluas 3,5 hektar. Diharapkan kolam seluas 6 hektar sudah selesai dibuat, panjang kolam hampir 1 km.

Di kolam pelabuhan ini terbagi dua untuk parkir kapal di atas 30 grosston dan kapal motor hingga ukuran 30 grosston. Juga akan dibangun untuk menghambat pasir masuk dari arah hulu dan bangket. Dan tahun 2013 sudah dianggarkan  untuk pembangunan gedung perkantoran, gudang, mushola dan fasilitas lainnya.

"Bupati sudah mengirimkan proposal permohonan pembangunan menara suar dan untuk mengeruk alur kapal. Terhadap penyiapan SDM, sebanyak 30 nelayan Kulonprogo juga sudah dilatih mengoperasikan kapal penangkap ikan hingga 30 grosston," ujar Sudiyanto saat acara bersih pantai di Pantai Bugel Panjatan, Jumat (21/9).

Sedangkan Sekda Kulonprogo Budi Wibowo SH MM menanggapi investor yang akan masuk di pelabuhan mengungkapkan beberapa pemilik kapal penangkap ikan memang sudah menghubungi pemkab, mereka ingin masuk. "Pemkab Kulonprogo mempersilahkan investor baik Kulonprogo maupun yang lainnya. Karena memang membutuhkan investor untuk jualan logistik, SPBU, dan lainnya,"papar mantan Kepala Bappeda dan Bawasda ini. (Wid)