Kota Yogyakarta

Penjualan Produk IT Sepi


Ivan Aditya | Minggu, 29 Juli 2012 | 15:13 WIB | Dibaca: 274 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Asosisasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) DIY menyatakan penjualan produk Information Technology (IT) selama awal Ramadan ini cenderung mengalami penurunan. Masyarakat merubah alokasi pembeliah produk IT untuk keperluan sekolah dan persiapan jelang hari raya Lebaran.

“Selama Ramadan ini ada perubahan alokasi belanja masyarakat yang lebih banyak digunakan untuk keperluan puasa daripada membeli perangkat IT," ujar Sekretaris Apkomindo DIY, Diki Purnawibawa di Yogyakarta, Minggu (28/7).

Selain itu, Diki menjelaskan pada Juli ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru di sekolah-sekolah. Selain itu banyak kampus yang belum aktif perkuliahannya. Terlebih 70 persen pengguna IT di DIY berasal dari kalangan mahasiswa dan sisanya dari instansi pemerintahan dan swasta.

“Masyarakat lebih memprioritaskan untuk kebutuhan selama puasa atau untuk biaya masuk sekolah, terlebih saat ini ada kampus yang sudah meliburkan mahasiswanya. Hal itu berlaku untuk semua jenis, mulai dari computer desktop, tablet hingga kamera," paparnya.

Pihaknya memprediksi baru setelah Lebaran akan mulai kembali ramai pasar IT. Terutama setelah kampus mulai aktif kuliah lagi. “Setelah Lebaran peningkatanya bisa mencapai 300 persen, yang paling banyak masih computer desktop dan laptop sesuai kebutuhan mereka,” ungkapnya.

Menurutnya dengan adanya arus mudik Lebaran, mereka biasanya juga akan menyempatkan untuk berbelanja kebutuhan IT saat di DIY. "Kalau untuk para pemudik biasanya mencari produk seperti kamera dan handphone," pungkasnya. (Fir)