Banyumas

Dua Terowongan KA di Daop V Rusak


Agus Sigit | Rabu, 25 Juli 2012 | 16:37 WIB | Dibaca: 379 | Komentar: 0

Ilustrasi. Foto: Dok

PURWOKERTO (KRjogja.com) - Dua terowongan kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 5  Purwokerto mengalami kerusakan yaitu penyumbatan sistem drainase bantalan KA yang bermasalah. Kerusakan ini dikhawatirkan akan mengganggu arus mudik lebaran esok.

Vice President Daop 5 Purwokerto, Drs. Yusren, Rabu (25/7) langsung melakukan pengecekan terhadap perkerjaan perbaikan di trowongan KA dan jalur lainnya.  Menurutnya  semua prasarana yang ada di wilayahnya seperti jalur KA, harus sudah siap satu minggu sebelum angkutan lebaran. “ Kami jadwalkan perbaikan pada beberapa titik jalur rel akan selesai satu minggu sebelum berlangsungnya angkutan mudik,"  katanya.

Kedua terowongan KA yang masih dalam perbaikan yakni terowongan Ijo sepanjang 580 meter di Desa Bumiagung Kecamatan Rowokele Kabupaten Kebumen. Terowongan itu berlokasi antara Stasiun KA  Ijo  dengan Stasiun Gombong. Terowongan ini mengalami penyumbatan pada sistem drainase sehingga mengganggu peresapan air pada trek di terowongan. 

Sementara Terowongan Notog sepanjang 260 meter di Desa Kalirajut, Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas mengalami kerusakan pada bantalan rel yang terbuat dari kayu. Bantalan yang ada lapuk dibeberapa titik  karena faktor usia. (Dri)