Kota Yogyakarta

Youth Center Gelar Pelatihan Gratis


Tomi Sujatmiko | Selasa, 24 Juli 2012 | 11:53 WIB | Dibaca: 730 | Komentar: 0

Perwakilan Youth Center saat audensi di SKH KR (Foto: Yuwono)

YOGYA (KRjogja.com) - Youth Center yang menjadi lembaga pelatihan hasil kerjasama Yayasan Kesejahteraan Anak Indonesia (YKAI) Jakarta dengan Kokkyo Naki Kodomotachi (Knk) Jepang kembali menggelar kursus bengkel sepeda motor dan menjahit secara gratis bagi masyarakat.

"Kami di tahun keempat ini kembali menggelar pelatihan dengan kuota 15 orang untuk kursus menjahit dan 16 orang kursus bengkel sepeda motor. Pendaftaran sudah dibuka sejak 19-27 Juli 2012 di Grojokan RT 03, Tamanan, Banguntapan, Bantul," kata Pekerja Sosial Youth Center, Amrun Hidayat saat audensi ke Gedung SKH Kedaulatan Rakyat yang diterima oleh Public Relation KR, Suci Aryadin, Selasa (24/7/2012).

Menurut Amrun tidak menetapan syarat khusus bagi masyarakat yang ingin mengikuti pelatihan ini seperti membawa fotocopy ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan usia tidak lebih dari 30 tahun. Sedangkan kurikulum mengacu pada Balai Latihan Kerja (BLK) dengan 240 jam pelajaran dengan tentor dari BLK.

"Program jahit akan membuat delapan produk dan montir sepeda motor selama 1 bulan teori dan 4 bulan praktek. Namun, jumlah pendaftar sampai saat ini masih sedikit hanya 8 orang untuk menjahit dan 5 orang bengkel motor dari kuota yang disediakan. Kami masih memberi kesempatan masyarakat untuk ikut serta," ujarnya.

Amrun menambahkan sampai saat ini sudah meluluskan 324 siswa dan saat ini sudah mempu berwirausaha secara mandiri. Bahkan pada 5 Juli 2012 sudah meluluskan 15 siswa jahit dan 16 siswa bengkel. Sedangkan penyerahan sertifikat dilakukan oleh wakil dari Pemerintah Desa Tamanan. (Tom)





Sawan Manten