Kota Yogyakarta

Siswa di DIY Wajib Kunjungi Museum


Ivan Aditya | Selasa, 17 Juli 2012 | 15:29 WIB | Dibaca: 265 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Pemerintah provinsi (pemprov) DIY akan mewajibkan sekolah-hsekolah tingkat dasar hingga menengag untuk secara periodik melakukan kunjungan ke museum. Program tersebut juga akan dijadikan muatan lokal wajib di sekolah.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DIY, Tavip Agus Rayanto menuturkan, pemprov DIY telah menganggarkan pembelian dua buah bus untuk akomodasi siswa berkunjung ke museum. "Bus dianggarkan dua buah untuk tahun ini. Nanti secara teknis pelaksanaan kunjungan seperti apa, akan diatur oleh dinas pendidikan," ujarnya di Yogyakarta, Selasa (16/7).

Menurutnya, kunjungan ke museum tersebut akan digratiskan dan dibiayai oleh pemprov. Diharapkan, langkah ini bisa memperkuat local wisdom di DIY dan menjadi sarana pembelajaran tidak langsung bagi siswa.

"Kalau kita evaluasi museum kita ini kan kosong karena wisata yang laris hanya kuliner dan wisata alam. Karenanya kita akan rekayasa dengan bus, dimana sekolah diwajibkan datang ke museumdan kita gratiskan. Selanjutnya akan jadi kearifan lokal DIY di bidang pendidikan," imbuhnya. (Aie)