Banyumas

Bus PO Sinar Jaya Terguling, Seorang Penumpang Tewas


Danar Widiyanto | Selasa, 10 Juli 2012 | 20:33 WIB | Dibaca: 1242 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

CILACAP (KRjogja.com) - Bus PO Sinar Jaya nopol B-7284-YV terguling di sebuah tikungan wilayah Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Cilacap. Akibatnya salah satu penumpang bus, Misran Rusyanto (60), warga Kutoarjo, Purworejo, diketahui tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Korban diketahui mengalami luka parah akibat tergencet bodi bus yang ringsek.

"Awalnya bus yang dikemudikan RW (31), warga Purworejo, Jateng, melaju dari arah Bandung ke Yogyakarta," ujar Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Cilacap AKBP Rudi Darmoko melalui Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Wanareja Ajun Komisaris Polisi (AKP) Dalwan, Selasa (10/7).

Ketika melintas di sebuah tikungan Jalan Raya Wanareja, Desa Adimulya, Kecamatan Wanareja, Cilacap diperkirakan mendadak laju bus tersebut oleng, sehingga roda sebelah kiri bus keluar dari badan jalan, akibatnya posisi bus menjadi miring.

Disaat pengemudi berusaha membanting stir kekanan agar roda sebelah kiri bus naik kembali ke badan jalan, justru bus menjadi terguling dengan posisi melintang menutup jalur jalan. Akibat peristiwa itu sejumlah penumpang bus menjadi saling berbenturan karena terjebak di dalam bus, dan mengalami luka-luka. Setelah berhasil dievakuasi para korban dikirim ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Majenang. Diantara sejumlah korban luka-luka itu diketahui Misran Rusyanto (60), warga Kutoarjo, Purworejo yang diketahui tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. 

Akibat peristiwa kecelakaan tersebut menyebabkan lalu lintas di jalur Selatan Jawa Tengah itu macet total selama 3 jam lebih. Lalu lintas di jalur tersebut normal kembali setelah Polsek Wanareja berhasil mendatangkan mobil derek dari Kota Banjar untuk mengangkat bangkai bus tersebut. Untuk mengungkap penyebab kecelakaan itu, pengemudi bus RW (31) dan sejumlah saksi telah dimintai keterangan. Dugaan sementara penyebab kecelakaan itu akibat pengemudi bus mengantuk.(Mak)