Kampus

UPN Jadi PTN Tahun Ini?


Agus Sigit | Selasa, 19 Juni 2012 | 21:31 WIB | Dibaca: 1252 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) – Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menargetkan tahun ini berubah status perguruan tingginya dari swasta menjadi negeri. Perubahan status dilakukan guna memperjelas status UPN Veteran Yogyakarta yang selama ini berada di zona abu-abu.

"Selama ini abu-abu. Karena aset sebagian besar milik negara, juga pegawai dan dosen sebagian berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Tapi dibilang negeri juga bukan karena status perguruan tingginya sendiri swasta. Kami berharap mimpi ini bisa tercapai tahun ini," kata Wakil Rektor I UPN Veteran Yogyakarta Sari B Kusumayudha, kemarin.

Ditemui di ruang kerjanya, Sari berkata, pihaknya tidak mempermasalahkan apakah pergantian status nanti berbarengan dengan tahun ajaran baru atau tidak. Hal  paling penting adalah usaha menuju perubahan status sudah pada jalurnya. Perubahan status juga berlaku di UPN Veteran Jakarta dan Surabaya.

"Sampai saat ini perkembangan perubahan status sedang kami persiapkan. Masalah akademik sudah tidak ada lagi, termasuk pencatatan aset. Bisa dikatakan ini sudah masuk tahap finalisasinya saja," kata dosen Fakultas Teknik Mineral UPN Veteran Yogyakarta ini.

Pengajuan perubahan status perguruan tinggi oleh UPN Veteran ini sudah dilakukan sejak dua tahun lalu. Rencana telah disepakati oleh Yayasan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai pengelola UPN Veteran hingga saat ini dan Kementerian Pertahanan dan Keamanan sebagai penasihat.

Sementara itu, Menteri Litbang BEM KM UPN Veteran Yogyakarta Oki Wibi Calingga berkata, status UPN yang akan berubah menjadi negeri tidak memberi dampak signifikan terhadap keberlangsungan UPN. (Okz/Git)