Kedu Utara

Kepala DPPKAD Siap Calonkan Bupati Temanggung


Ivan Aditya | Senin, 18 Juni 2012 | 20:11 WIB | Dibaca: 832 | Komentar: 0

TEMANGGUNG (KRjogja.com) - Bursa calon bupati pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Temanggung tahun 2013 mendatang sudah mulai mengemuka.  Pernyataan Satwoko Heru Susatyo, Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Aset Daerah (DPKKAD) Kabupaten Temanggung, mengaku siap mencalonkan diri dan dicalonkan sebagai bupati periode mendatang.

"Kami siap mencalonkan dan dicalonkan sebagai bupati Temanggung periode 2013-2018 pada Pilkada tahun 2013 mendatang. Kami hanya mencalonkan bupati, bukan wakil bupati," jelas Satwoko di ruang kerjanya, Senin (18/6).

Alasan hanya mencalonkan  bupati menurutnya bukan untuk mengejar jabatan maupun kekuasaan, melainkan hanya akan menjalankan fungsi-fungsi bupati sebagaimana ketentuan yang ada. "Kami ingin menjadi pemimpin yang menjalankan fungsi kepemimpinannya, bukan menjadi ‘follower’. Jadi kami ingin perubahan," paparnya.

Untuk kepentingan tersebut, katanya, pihaknya sudah mengetuk pintu kepada beberapa pemburus partai politik meskipun belum secara resmi. Diutarakan, ada sejumlah pengurus parpol yang dilamar kecuali PDIP, PKB dan PKS.

Sampai sekarang, katanya, respon parpol memang belum ada  karena parpol tentunya  untuk rembulan dulu. Ketika datang ke pengurus parpol, kami hanya menawarkan berbagai program  perubahan bagi Temanggung dalam jangka panjang. "Kalau diterima syukur, tapi kalaupun tidak diterima juga Alhamdullilah karena Temanggung juga bukan milik kami," paparnya.

Bila gagal lewat parpol lantas akan mencalonkan diri menempuh jalur perorangan (independen), Satwoko tidak akan mengajukan diri lewat calon perseorangan, karena pandangannya demokrasi ya lewat parpol. "Parpol sebagai cermin dalam mewadahi aspirasi masyarakat (konstituen). Karenanya, demokrasi yang lewat partai politik," tandasnya.

Pasalnya, tambahnya, meski lewat jalur perorangan bila terpilih nantinya juga berhadapan dengan parpol (legislatif). Diakui, untuk pencalonan ini selain ‘melamar’ ke parpol, pihaknya sudah lebih sosialisasi kepada tokoh masyarakat. (Mud)