Kota Yogyakarta

UPN Targetkan Jadi PTN


Ivan Aditya | Senin, 18 Juni 2012 | 18:35 WIB | Dibaca: 1358 | Komentar: 2

YOGYA (KRjogja.com) - Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menargetkan pada tahun ini akan berubah status dari universitas swasta menjadi negri. Perubahan tersebut sekaligus untuk memperjelas status UPN Veteran Yogyakarta yang dianggap masih abu-abu.

Wakil Rektor I UPN Veteran Yogyakarta Prof. Dr. Sari B. Kusumayudha M.Sc mengungkapkan, selama ini status UPN Veteran Yogyakarta yang dianggap abu-abu salah satunya dari aset yang sebagian besar adalah milik negara. Termasuk sebagian dari pegawainya yang berstatus sebagai PNS.

"Dibilang universitas negri juga bukan, karena status perguruan tingginya sendiri swasta. Selama ini universitas kami masih dalam ranah abu-abu. Dan kami berharap mimpi untuk menjadi universitas negri bisa tercapai tahun ini," ujarnya.

Pihaknya mengaku, perubahan status tersebut diharapkan juga akan berlaku di UPN Veteran Jakarta dan Surabaya. Upaya menuju perubahan status sendiri kini tengah dipersiapkan. "Masalah akademik sudah tidak ada lagi, termasuk pencatatan aset. Bisa dikatakan ini sudah masuk tahap finalisasinya saja," terangnya.

Pengajuan perubahan status, lanjutnya, telah dilakukan sejak dua tahun lalu. Rencana perubahan status tersebut juga telah disepakati oleh Yayasan Panglima Besar Jenderal Soedirman sebagai pengelola UPN Veteran dan dari Kementerian Pertahanan Keamanan RI sebagai penasehat.

"Perubahan ini tidaklah mudah. Persiapan yang kami rasa paling berat ialah menyiapkan SDM supaya siap dengan perubahan yang akan terjadi. Namun diharapkan, dengan perubahan status maka bisa lebih leluasa bergerak dan tidak salah melangkah dari sisi peraturan. Kemudian pendanaan universitas akan berasal dari Dikti, bukan lagi dari yayasan," imbuhnya. (Aie)