Sektor Riil

Ini Dia, Janji Rudi Rubiandini


Tomi Sujatmiko | Rabu, 13 Juni 2012 | 11:19 WIB | Dibaca: 290 | Komentar: 0

Rudi Rubiandini (Foto: Okezone.com)

JAKARTA (KRjogja.com) - Rudi Rubiandini yang akan diangkat menjadi Wakil Menteri ESDM berjanji akan memberikan kontribusi di bidang energi. Dirinya pun mengaku sudah siap melakukan banyak hal.

Seperti di sisi energi primer misalnya, Rudi berjanji akan meningkatkan produksi gas karena minyak bukanlah sesuatu yang bisa diandalkan lagi. Serta mengembangkan gas, yang masih terkendala infrastruktur seperti kilang.

"Kapasitas kilang juga sangat terbatas, kalau ada kilang yang rusak maka sebagian produksi minyak kita banyak yang hilang," ujar Rudi yang saat ini menjabat Deputi Pengendalian Operasi BP Migas, Rabu (13/6/2012).

Menurutnya, infrastruktur pipa untuk menyalurkan gas dari sisi hulu ke sisi hilir juga masih sangat terbatas, padahal keberadaan pipa dibutuhkan untuk menyukseskan program konversi BBM ke BBG.

Selain itu, di sisi energi nonmigas, Rudi juga menyebut, bahwa Indonesia harus meningkatkan peran sumber panas bumi dan energi matahari.

"Ketersediaan energi nonfosil harus cukup memberikan rangsangan bagi konsumen agar mampu bersaing dengan sumber energi migas," jelasnya.

Rudi juga menilai, pengelolaan energi mineral masih dapat ditingkatkan untuk meningkatkan pendapatan bagi negara sehingga menghasilkan barang setengah jadi.

Selain itu, pemerintah masih perlu melakukan berbagai hal seperti pengukuran, penghitungan pajak, lingkungan dan CSR sehingga lebih peduli pada masyarakat sekitar dan kepada pelestarian lingkungan.

"Ditambah dengan listrik yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat juga akan diusahakan agar elektrifikasinya ditingkatkan (ketersediaan listrik sampai ke desa-desa, maupun di daerah yang). Namun masalah harga yang optimum yang masih dijangkau masyarakat harus ditingkatkan," tandasnya. (Okz/Tom)