Kota Yogyakarta

Gaji ke 13, Pemkot Siapkan Rp29,4 M


Tomi Sujatmiko | Selasa, 12 Juni 2012 | 16:06 WIB | Dibaca: 558 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com)- Pemerintah Kota Yogyakarta telah menganggarkan dana Rp 29,4 miliar untuk gaji ke-13 bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sedangkan pencairannya masih menunggu surat ederan dari Kementerian Keuangan.

"Kepastian kapan cairnya belum tahu. Meski sudah ada PP tapi kami menunggu surat ederan dari Kementerian Keuangan sebagai petunjuk teknis. Tapi scara anggaran sudah kami siapkan," kata  Kepala Dinas Pajak Daerah dan Pengelolaan Keuangan (DPDPK) Kota Yogyakarta Kadri Renggono, Selasa (12/6/2012).

Kadri menjelaskan berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2012, pembayaran gaji ke 13 diberikan kepada pejabat negara, pensiunan Pegawai Negeri serta pejabat negara, janda, duda, anak penerima pensiun dan penerima pensiun orang tua PNS yang meninggal. Besaran gaji ke-13 ini diberikan satu kali gaji untuk bulan Juni. "Penyiapan anggaran gaji ini sudah dilakukan sejak awal. Total besaran gaji ke-13 Rp 29,4 miliar ini diberikan untuk sekitar 9.000 PNS," imbuhnya.

Dia mengatakan, pemberian gaji ke -13 itu diambilkan dari APBD Kota Yogya 2012. Namun dia mengakui pemberian gaji ini tidak membebani APBD. “Tidak membebani, karena sudah dianggarkan sejak awal tahun. Selain itu ini sudah rutin dan direkonsiliasikan dengan kementerian keuangan,” tandasnya. (Den)