Kota Yogyakarta

Hiswana Migas Pastikan Stok Elpiji Aman


Tomi Sujatmiko | Selasa, 12 Juni 2012 | 11:22 WIB | Dibaca: 247 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)


YOGYA (KRjogja.com) - Ketua Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) DIY, Siswanto memastikan stok tabung gas elpiji ukuran tiga kilogram mencukupi sehingga tidak terjadi kelangkaan seperti di daerah lain meskipun sempat mengalami keterlambatan pengiriman.

Siswanto menyoroti pelanggaran rayonisasi atau masuknya elpigi dari luar daerah ke DIY sehingga merugikan pengusaha lokal. Selain itu menjadi pemicu rayon lain mengalami kekurangan pasokan. Namun, selama ini 5 rayon di DIY sudah sesuai dengan konsumsi masyarakat.

"Kami minta Pemerintah dan Pertamina mengingkatkan pengawasan. Kalau perlu memberi sanksi tegas bagi rayon yang melanggar termasuk pengawasan soal Harga Eceran Tertinggi (HET) sebesar Rp12.750 per tabungnya," kaa Siswanto kepada KRjogja.com, Selasa (11/5/2012).

Menurut Siswanto kuota elpiji di DIY mencapai 62 ribu tabung  per hari. Jumlah ini meningkat sekitar 15 persen pada tahun 2012 dari alokasi pada 2011 yang hanya sekitar 54.000 tabung.

Sementara itu, Kepala Bidang ESDM Dinas PU-ESDM DIY, Edi Indrajaya mengatakan saat ini kebutuhan elpiji bersubsidi ini terus meningkat karena digunakan oleh pengusaha UMKM untuk berdagang sehingga berusaha memperluas distribusi. Selain itu memperbanyak jumlah pangkalan sehingga bisa mudah didapatkan masyarakat. (Fir)