Kota Yogyakarta

HASIL UN SMP TERBURUK KETIGA NASIONAL

Disdikpora DIY Utamakan Kridibelitas


Tomi Sujatmiko | Senin, 4 Juni 2012 | 14:17 WIB | Dibaca: 529 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY mengutakaman kredibelitas dan kejujuran pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP dibandingkan nilai tinggi yang diperoleh dengan cara tidak benar. Hal ini terkait ramainya pemberitaan peringkat DIY terburuk ketiga nasional.

Kepala Disdikpora DIY, Baskara Aji mengungkapkan, sejauh ini belum mengetahui secara pasti apakah pemberitaan yang ramai diperbincangkan tersebut memang benar adanya. Bahkan, belum mendapatkan informasi nilai lain diluar provinsi DIY yang digunakan sebagai pembanding hasil UN SMP.

"Kami baru mendapatkan data khusus wilayah DIY saja. Dan jika benar adanya predikat tersebut, meskipun miris dan prihatin, tetapi kami tidak berkecil hati dan lebih mementingkan kredibilitas dari pelaksanaan UN sendiri. Karena apapun hasilnya, itu adalah murni nilai yang dihasilkan siswa," ujarnya di kantor Disdikpora DIY, Senin (4/6/2012).

Menurut Baskara adanya anggapan tersebut, selain akan melakukan evaluasi uga akan melakukan upaya untuk dapat memetakan sekolah mana yang tingkat ketidaklulusannya tinggi. Pemetaan ini merupakan strategi untuk mengetahui kelemahan apa yang perlu diperbaiki sehingga mempengaruhi kelulusan siswa. Selain itu, DIY tetap optimis jika hasil UN SMP kali ini sebenarnya telah mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu. Berdasarkan data, prosentase ketidaklulusan siswa SMP DIY tahun lalu mencapai 0,80 persen, sementara tahun ini turun menjadi 0,72 persen.

"Kalau dibandingkan dengan tahun lalu, kita sudah ada peningkatan dan kita juga sudah lakukan evaluasi bahwa yang telah dilakukan penyelenggara UN sudah sesuai dengan prosedur dan tidak ditemukan kecurangan sistemik. Kita tidak akan mengorbankan kredibilitas dan kejujuran hanya untuk mengejar nilai baik," tegasnya.

Seperti yang ramai diberitakan sebelumnya, DIY disebut menempati urutan ketiga nasional kelulusan UN SMP terburuk berdasar nilai UN yang kurang dari 5,5 . Dalam data tersebut DIY mendapatkan persentase sebesar 22,51 persen atau sebanyak 10.8333 siswa memiliki nilai UN dibawa rata-rata. (Aie)