Sleman

Kahitna, Trisum, dan Audy Gebrak Economic Jazz UGM 2012


Tomi Sujatmiko | Minggu, 3 Juni 2012 | 06:59 WIB | Dibaca: 482 | Komentar: 0

Penampilan Kahitna (Foto: Denny Hermawan)

SLEMAN (KRjogja.com)- Konser Permata Bank-UGM Economics Jazz 2012, digelar dengan semarak, Sabtu (2/6) di Grand Pacific Yogyakarta. Pengisi acara, Kahitna, Trisum, dan Audy-Jopie Item berhasil memuaskan para penggemar musik di Yogya.

Jopie Item dan band pengiringnya yang muncul pertama langsung tampil menggebrak dengan sebuah komposisi jazz-rock fusion bernuansa etnik Bali. Baru di lagu kedua, Audy masuk panggung dan bernyanyi. Ia mulai 'menebar cinta' dengan menyanyikan lagu ketiga, 'Esok Kan Masih Ada', yang dipopulerkan almarhum Utha Likumahua.

Selanjutnya lagu Rhoma Irama, 'Bergadang' dibawakan Jopie secara instrumental dengan gaya jazz fusion. Audy juga sempat menyanyikan lagu hitsnya 'Sendu' yang diaransemen dalam irama shuffle blues rock. Secara umum, Audy, Jopie dan band pengiring tampil dengan nuansa rock yang sangat kental.

Selanjutnya, tampil supergroup Indonesia, Trisum. Boleh dibilang, penampilan Balawan, Dewa Budjana, dan Tohpati ini adalah penampilan paling dahsyat dari para artis malam ini. Bersama Indro Hardjodikoro (bass) dan Echa Soemantri (drums), ketiga gitaris super Indonesia ini tampil membawakan lagu-lagu terutama dari album terbaru 2011 'Five in One'.

Ini adalah penampilan I Wayan Balawan yang pertama dengan Trisum di Economic Jazz ini, setelah sebelumnya di tahun 2008 digantikan oleh gitaris Donny Suhendra, karena Balawan berhalangan tampil. Seperti biasa Balawan tampil memukau dengan kecepatan teknik 'tapping' sepuluh jarinya, yang dimainkannya dalam gitar 'single neck' maupun 'double neck' miliknya.

Nuansa etnik dan tradisional tetap menjadi andalan Trisum dalam penampilan malam ini. Sang penabuh drums Echa berkesempatan melakukan solo drums yang memukau audiens. Sebuah lagu bernuansa 'medium swing' juga dimainkan Trisum, yang membuat spirit jazz tetap ada dalam konser malam ini.

Terakhir, tampil band asal Bandung yang sudah berdiri sejak 26 tahun lalu, Kahitna. Band yang digawangi Yovie Widianto ini tampil 'mellow', membawakan tembang-tembang cinta.

Trio Vokalis Carlo Saba, Mario, dan Hedy Yunus tampil memikat menyanyikan beberapa lagu hits band yang beranggotakan sembilan orang ini.Beberapa lagu bernuansa fusion hingga tembang hits 'Tentang Diriku' yang diaransemen secara swing juga ditampilkan dengan apik, yang nampaknya membuat konser malam ini memuaskan para jazz lovers di Yogya. Trio vokalis juga sempat bergaya dan menari ala boysband, yang membuat mereka mampu menutup konser ini dengan semarak. (Den)