Keluarga & Fashion

Bagaimana Hadapi Anak yang Bicara Kasar (I)


Agus Sigit | Minggu, 10 Juni 2012 | 07:47 WIB | Dibaca: 396 | Komentar: 0

Ilustrasi (Foto : Dok)

ANAK-ANAK kerap berbicara kasar karena pengaruh lingkungan atau orangtuanya sendiri. Jika Anda mengalaminya, atasi dengan cara ampuh ini.

Dalam perjalanannya, anak-anak seringkali berbicara kasar atau mengeluarkan kata tak senonoh. Hal ini tentu sangat memengaruhi tumbuh kembangnya sekaligus attitude-nya. Mengatasinya dengan cara biasa tentu sangat sulit dilakukan. Jika Anda kewalahan dibuatnya, Babble memberikan solusinya.

Buat standar kata-kata yang diperbolehkan

Memberitahu bahwa kata-kata kasar merupakan perilaku buruk hanya akan membuat mereka bingung. Sebaliknya, berikan standar kata-kata yang memang diperbolehkan untuk dikatakannya lebih lanjut. Hasilnya, anak-anak tidak akan merasa bersalah jika mengatakan kalimat dengan kata-kata yang tepat.

Ajari mereka konteks kalimat

Bantu anak-anak Anda untuk memahami kapan, mengapa, dan seberapa perlu kata-kata tersebut dikatakan. Sebagai contoh, mungkin tidak masalah bercanda kepada seseorang yang dekat dengan mereka dengan candaan sedikit kasar. Namun, mereka harus tahu jika konteks tersebut bisa digunakan dengan orang yang memang sudah kenal dekat dan tidak dengan orang yang baru saja mereka kenal. Ini untuk mengenalkan mereka bagaimana memahami norma kesopanan.

Fokus pada hubungan

Cobalah diskusikan secara hati-hati dengan buah hati Anda mengapa seseorang kerap menggunakan kata-kata kasar atau makian. Dengan mengetahui alasannya, mereka dapat menyortir kata-kata tertentu yang membuatnya merasa tidak nyaman. (Okz/Git)