Kota Yogyakarta

Pemkot Ngotot PNS Yogyakarta Ditambah


Ivan Aditya | Senin, 21 Mei 2012 | 12:36 WIB | Dibaca: 708 | Komentar: 0

Ilustrasi. (Foto : Dok)

YOGYA (KRjogja.com) - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta tahun ini tetap akan mengajukan penambahan PNS baru ke pusat. Pemkot Yogyakarta sendiri saat ini kekurangan sekitar 1.858 PNS.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Yogyakarta, Maryoto menjelaskan, pemerintah pusat melarang pemkot yang alokasi belanja untuk pegawainya diatas 50 persen untuk menambah PNS baru. Namun pihaknya masih merasa kekurangan pegawai sehingga tetap berencana mengajukan ke pusat.

"Kebutuhan PNS Yogyakarta sekitar 10.321 orang, padahal adanya hanya 8.463 orang. Kami kekurangan 1.858 orang yang sebagian besar adalah tenaga teknis. Jadi kami tetap akan mengajukan ke pusat," tegasnya.

Sementara untuk proses pendataan 873 tenaga bantuan (naban) kategori II Pemkot Yogyakarta ke BKN pusat yang sudah terekam hanya 863 orang. Sepuluh orang sisanya memang tidak masuk kategori atau tidak memenuhi syarat.

"Empat orang sudah diterima CPNS, empat lainnya mengundurkan diri. Sementara dua orang sisanya tidak sesuai ketentuan," imbuhnya.

Dari dua orang yang tidak sesuai ketentuan, salah satunya SK pengangkatannya baru sejak 2008. Padahal syaratnya harus sudah bekerja sejak 2005, minimal selama satu tahun.

"Kalau yang satu lagi dia lulus kejar paket A baru tahun 2006. Padahal seharusnya paling tidak 2005, jadi tidak bisa masuk," ujarnya.

Untuk pelaksanaan tes CPNS khusus naban, dirinya mengaku, itu ketentuan dari pusat. Dirinya tidak tahu kapan hal tersebut akan dilaksanakan.

"Begitu pula rencana dari pusat penambahan 60.000 PNS baru ke daerah, kami juga belum mendengar, jadi belum bisa mengomentari," pungkasnya. (Den)